13 cara melakukan presentasi

April 14, 2011 at 12:47 am Tinggalkan komentar

  1. Jangan tergantung pada teks

Teks digunakan hanya sebagai pedoman yang berisi point point aja atau dengan kata lain sebagai patokan, buka segala hal yang terperinci yang akan kita sampaikan. Jika presentator terpaku pada teks, maka suasana presentasi akan kaku dan pendengar merasa bosan.

2. Pelajari audience dan lingkungan presentasi

Audience dan lingkungan berpresentasi juga berpengaruh. Presentator harus tahu latar belakang audience apa mereka berasal dari akademisi, masyarakat, kedinasan atau yaa dekorng lainya, sehingga ketika kita berpresentasi tidak berbicara keluar dari konteks sebenarnya.

Lingkungan juga berpengaruh seperti tingkat kekerasan suara, jangan terlalu keras jika di dalam gedung, atur juga dekorasi dan tatanan ruangan.

3. Jangan berbicara yang mereka ketahui dan yang tak ingin mereka dengar

Berbicaralah hal hal yang inovatif dan baru atau yang sedang hangat saat ini, bukan berbicara hal yang sudah basi atau yang mudah dipahami banyak orang.

4. Jaga nada suara agar tidak monoton dan atur kekerasanya.

Mengatur tempo suara juga berpengaruh agar Suasana nyaman dan tidak membosankan.

5. Jangan berlebihan humor

Gunakan humor seperlunya saja, sekedar mencairkan suasana yang mulai bosan, biasanya humor digunakan untuk berpindah materi, diawal materi di akhir materi maupun untuk  membenatu menjelaskan sesuatu agar lebih mudah dipahami.

6. Sesuaikan diri dengan ruangan dan alat presentasi

Sesuaikan diri  saat presentasi, gunakan alat bantu seperlunya saja guna mendukung dan membantu saat kita berpreentasi, seperti microfon, slide, video, dll

7. Biasakan interaktif dan berkomunikasi 2 arah

Gunakan komuniksi 2 arah seperti Tanya jawab, agar timbul suasanan aktraktif dan pendengar lebih paham dari materi yang disampaikan.

8.  Selalu berikan contoh ilustrasi

Gunakan ilustrasi sebagai media bantu untuk mempermudah dalam presentator menjelaskan materi, gunkan ilustrasi yang mudah dipahami dan dengan bahasa yang ringan, mungkin ditambah denga humor akan terasa aktraktif. Ilustrasi bias berupa music, video ataupun bercerita pengalaman.

9. Jangan merendahkan mutu dengan mengatakan maaf saya tidak siap dsb,,,

Ada beberapa yang harus dihindari ketika berpresentasi, yaitu berucap maaf asaya kurang persiapan tau alas an lain yang merendahkan diri presentator, intinya pendengar tahu bahwa presentator adalah orang terpilih dan telah siap bagaimanapun juga. Semisal anda belum siap krena alas an waktu atau kesibukan, saran saya tetap presentasi dan terangkanlah materi berdasar penguasaan anda saja, jangan mengada ada,

9. Latihan yang cukup

Presentasi bukan bakat yang dibawa sejak lahir, presentastor yang baik terlahir ketika ia sering berlatih dan tampil, karena setiap presentasi memiliki feel yang berbeda sehingga presentator hars mudah beradaptasi dengan baik. Dna mengelola presentasi semaksimal mungkin.

10.  Perhatikan bahasa tubuh

Gunakan bahasa tubuh sebagai alat bantu dalam menjelaskan materi, jangan berlebihan dan jangan dibuat buat. Berperilakulah sewajarnya dan senyaman mungkin. Jika anda berpresentasi nyaman maka pendengar juga akan merasa nyaman dan mudah dalam meangkap materi.

11.  Berpakaian yg matching

Pakaian juga merupakan factor ekaternal yang penting guna mendukung presentasi yang baik. Gunakan pakaian yang sesederhana mungkin dan gunakan warna yang selaras dan seimbang jangan terlalu mencolok, jika tidak maka pendengar akan lebih memperhatikan dan bertanya Tanya mengenai penampilan anda disbanding materi yang anda bawakan. Jika itu sampai terjadi maka presentasi anda dapat dikataka gagal.

12. Berbicaralah secara perlahan, tepat , singkat dan jelas

Berbicaralah dengan bahasa yang sederhana, singkat dan berbobot. Gunakan lah kata kata yang jelas dan degan intonasi yang terkontrol dan teratur. Sehingga diharapkan pendengar mampu menerima materi dengan baik dan mudah dalam memahami.

Itulah beberapa hal yang menurut buku karya rhenald kasalilah yang menjadi factor penting membangun presentasi yang baik. Tetapi perlu di ingat bahwa berpresentasi bukan bakat yang terbawa sejak lahir melainkan sebuah proses yang terus menerus diasah dan diperbaiki sehingga si presentator mampu beradapatasi dengan cepat dan baik walaupun berbagai kondisi yang menekanya. Kunci yang terpanting dalam membangun prentasi adalah berlatih dan perbanyaklah pengalaman. Ambil kesempatan yang tersedia dimanapun dan kapanpun, jika itu dapat anda lakukan maka anda adalah seorang presentator terbaik. Semoga sukses dan good luck.

Karya : rhenald kasalilah

 

Presentasi adalah suatu momok yang menakutkan bagi kebanykan orang, suatu kegiatan yang mengharuskan mengeluarkan idea atau proposal dan dijelaskan di hadapan banyak orang. Banyak orang yang menolak ketika ia harus berpresentasi, alasanya cukup sama yaitu takut salah,malu, takut di cemooh, grogi dll. Itulah sebagian alas an yang sering di utarakan banyak orang. Inti dari presentasi adalah suatu kegiatan yang menjelaskan ide kepada banyak orang secara langsung. Dan tingkat keberhasilanya bukan dilihat dari bagus tidaknya tetapi bagaimana si presentator menyampaikan informasi kepada pendengar dengan baik, padat dan jelas sehingga si pendengar tahu dan memahami maksud dari presentasi itu. Tidak ada standar resmi bagai mana kita berpresentasi tetapi yang jelas ini membutuhkan proses, kita akan baik berpresentasi tidak hanya sekali dua kali tapi berkali kali, dan yang terpenting kita tahu kelemahan dan kelebihan kita saat presentasi. Berikut adalah 13 tips yang saya ambil dari sebuah buku :

 

Iklan

Entry filed under: Tips.

10 Rahasia Kesuksesan Jepang Cara Memperbaiki masalah Write protector Flashdisk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Waktu

April 2011
S S R K J S M
« Mar    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Twittku

Blog Stats

  • 2,436 hits

%d blogger menyukai ini: